Saturday, December 5, 2009

Tips Untuk Si Ratu Dapur



Bagi Anda yang hobby memasak, pastilah banyak menemui masalah ketika sedang di dapur. Misalnya sayur dan buah yang baru kita potong berubah warnanya. Mendapati cangkir bekas minum teh menjadi coklat susah dibersihkan. Sebagai "Ratu Dapur" kita mesti mencari solusinya. Mungkin tips dari saya ini dapat Anda coba di Istana Dapur Anda. Jeruk...adalah termasuk buah favorit di dapur kita. Entah itu jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk orange, jeruk citrus. Buah yang rasanya masam ini dapat kita gunakan untuk minuman, bahan tambahan untuk pembuat kue, juga untuk membantu menyelesaikan masalah kita di dapur. Untuk sayur dan buah yang bila sesaat setelah dipotong berubah warnanya menjadi kecoklatan. hal ini karena enzim pholyphenol didalam buah dan sayur tersebut mengalami sentuhan dengan oksigen. Proses inilah yang menyebabkan perubahan warna pada sayur dan buah.

Segera setelah sayur atau buah dikupas dan dipotong, kita olesi dengan campuran air jeruk nipis (lemon, orange) dengan secangkir air. Diamkan sebentar, kemudian buah atau sayur siap diolah. Yang sering mengalami perubahan warna saat dikupas ataupun dipotong-potong, adalah kentang, apel, pear, pisang, terung dll.

Untuk masalah noda pada cangkir bekas teh, kita serahkan saja pada penghuni dapur favorit lainnya, yaitu Garam. Ambil garam secukupnya, kita gosokkan ke cangkir yang ada bekas tehnya, bisa dicampur dengan sabun cuci piring, kemudian bilas dengan air. untuk hasil yang maximal, ualangi sekali lagi. Selamat mencoba.............

No comments: